Japans November 21, 2020
[Bookmark] Okutama: Di Perbukitan Sekitar Tokyo terdapat Warna-Warna Musim Gugur yang Mulia

Mengejar Lautan Bersih yang Dimotori oleh Penduduk Lokal di Ishikawa

~ Naik kereta lambat. Ada pemandangan gunung dan hutan yang mengesankan bahkan di dalam Tokyo sendiri. ~

Penanda buku adalah JAPAN Maju fitur yang memberi Anda bacaan panjang untuk akhir pekan. Setiap edisi memperkenalkan satu pemikiran menyeluruh yang bercabang ke berbagai tema. Harapan kami adalah agar pembaca menemukan kedalaman dan perspektif baru untuk dijelajahi dan dinikmati.

Musim gugur merupakan waktu yang paling menyenangkan dalam setahun di daerah Kanto, terutama bila ada bentangan panjang yang disebutnya akibare 秋 晴 れ (cerah, hari-hari musim gugur yang cerah) dalam bahasa Jepang. Tidak hanya cuacanya yang bagus, ada juga tampilan daun musim gugur yang spektakuler bahkan di dalam Tokyo sendiri.

Memanfaatkan bentangan cuaca akibare dan ingin menunjukkan bahwa terdapat pemandangan gunung dan hutan yang mengesankan bahkan di dalam Tokyo sendiri, saya dan putra sulung saya mengunjungi daerah Okutama pada tanggal 15 November.

Itu adalah perjalanan pertamanya. Bagi saya itu adalah pengulangan dari sesuatu yang saya lakukan di tahun 1970-an ketika saya pertama kali di Jepang melakukan penelitian untuk tesis PhD saya.

Okutama: Daerah A, Kotamadya

Okutama adalah daerah dan kotamadya kecil. Yang terakhir adalah titik paling utara dan barat Tokyo. Penduduknya kira-kira 5.000, dengan ekonomi berbasis pariwisata, kehutanan, dan pembuatan arang.

Okutama juga merupakan terminal dari Jalur Kereta Api Ome yang berjalan antara Tachikawa dan Okutama. Bangunan stasiunnya sendiri cukup menarik, dan menggantikan Stasiun Harajuku yang sekarang sudah tidak ada lagi bagi kita yang mengapresiasi arsitektur retro.

Tepat di seberang jalan dari stasiun terdapat tangga yang menuju ke Sungai Tama. Kami turun ke sungai dan sama-sama terkesan dengan kejernihan air dan warna awal – namun tetap mencolok – pepohonan musim gugur yang berbaris di lembah.

Berendam di Pemandian Hutan

Naik dari sungai ke permukaan jalan, kami berangkat untuk berjalan ke Danau Okutama, yang dibuat dengan membendung Sungai Tama. Tak jauh dari stasiun kami melihat tanda yang menunjukkan ketersediaan pemandian hutan. Penasaran, kami berangkat dari jalur kami menuju danau dan menuju ke atas bukit menuju hutan.

Mandi hutan mendapat perhatian singkat pada pertengahan 2019, terkait dengan penerbitan buku Mandi Hutan: Bagaimana Pohon Dapat Membantu Anda Menemukan Kesehatan dan Kebahagiaan oleh Qing Li (Viking, 2018).

Fasilitas pemandian hutan terdiri dari beberapa halte kecil seperti halte bus pedesaan yang hanya memiliki atap dan kursi, dan beberapa halte tertutup dengan tempat duduk bertingkat dan jendela kaca besar.

Tak satu pun dari fasilitas ini tampaknya telah digunakan baru-baru ini. Apakah ini karena pandemi atau lewatnya mode mandi hutan masih belum jelas.

Jalur pendakian terawat dengan baik dan, bahkan jika kami tidak mandi, jalan memutar itu menyenangkan.

Danau Okutama

Danau ini pertama kali diusulkan pada tahun 1932 untuk memenuhi kebutuhan air dari populasi Tokyo yang meningkat pesat. Itu tidak selesai sampai 1957, sebagian karena konstruksi ditangguhkan selama Perang Pasifik.

Delapan puluh tujuh orang, termasuk enam warga Korea, tewas dalam kecelakaan terkait konstruksi. Sebuah cenotaph mengenang mereka. Selain itu, 945 rumah tangga dengan total sekitar 6.000 orang mengungsi karena danau di belakang bendungan.

Seperti halnya danau buatan lainnya yang memasok air minum ke Tokyo seperti Tamako, tidak ada penggunaan rekreasi dari danau itu sendiri. Padahal, saat kami berkunjung, kawasan bendungan tersebut cukup ramai.

Ada fasilitas piknik dan museum yang berhubungan dengan sejarah daerah tersebut dan pembangunan bendungan. Bangunan museum memiliki kafetaria yang agak sederhana, tetapi makan siang saya harga ¥ 1.100 cukup enak.

Bagi mereka yang cenderung ingin, ada a Jalur pendakian sepanjang 13 kilometer di sepanjang sisi timur dan selatan danau yang menawarkan banyak peluang untuk memotret warna musim gugur dengan matahari yang berkilauan di permukaan danau di latar depan.

Kuil Musashi-Mitake

Selain hiking di dekat danau dan dari Stasiun Okutama, atraksi lainnya termasuk Gua Batu Kapur Nippara, fasilitas panjat tebing, memancing ikan trout, dan kesempatan untuk memasak makan siang ikan trout segar Anda sendiri, dan Okutama Onsen (Moeginoyu), pemandian air panas (onsen) yang “ramah tato” yang buka secara walk-in, mirip dengan pemandian umum.

Karena tujuan kami adalah warna musim gugur dan kami telah mengunjungi gua-gua serupa di Distrik Peak di sebelah barat Sheffield, setelah makan siang di Danau Okutama kami kembali ke Stasiun Okutama dan menggunakan tiket day pass kami untuk pergi ke Stasiun Mitake untuk mengunjungi Kuil Musashi Mitake . Daripada menunggu 40 menit, kami berjalan kaki ke Stasiun Takimoto untuk kereta gantung yang melewati sebagian besar jalan menuju kuil.

Dalam retrospeksi, saya tidak akan merekomendasikan berjalan kaki. Rutenya tidak terlalu menarik dan sangat curam untuk kilometer terakhir atau lebih ke stasiun kereta gantung.

Biasanya kereta gantung berjalan tiga kali per jam, tapi karena banyaknya pengunjung, itu berjalan terus menerus. Perjalanan pulang pergi agak mahal seharga ¥ 1.310 JPY, dan kami sudah menghabiskan berjam-jam berjalan kaki, tetapi kami menggunakan kereta gantung baik naik maupun turun.

Bahkan jika Anda menggunakan kereta gantung, Anda masih berada agak jauh ー 330 langkah ー dari kuil itu sendiri. Dalam perjalanan, Anda melewati desa yang konon telah melayani peziarah setidaknya selama dua ribu tahun. Selain toko suvenir, ada banyak penginapan bergaya Jepang.

Perjalanan kereta gantung sendiri melewati hutan yang sudah mulai menampakkan warna musim gugur. Ini menjadi lebih jelas di sepanjang rute menuju puncak (960 meter), tempat kuil itu sendiri berada.

Sayangnya, cuaca agak kabur. Pemandangan di wilayah Kanto sangat mengesankan, tetapi tidak se-spektakuler seperti pada hari yang cerah.

Berdekatan dengan kuil adalah “rumah harta karun” (alias museum) yang terkenal dengan koleksi pedangnya.

Suvenir

Tamasya di Jepang tidak lengkap tanpa suvenir untuk anggota keluarga dan kadang-kadang untuk teman yang tidak dapat mengikuti perjalanan Anda. Suvenir kami yang dipetik oleh anak saya ternyata adalah cuka rasa wasabi.

Sebelum mengunjungi Okutama, saya telah mengaitkan produksi wasabi dengan Semenanjung Izu. Namun nyatanya kawasan Okutama juga merupakan sentra produksi utama.

Akar wasabi relatif mahal dan memiliki umur simpan yang pendek. Wasabi supermarket dalam tabung plastik dan yang datang dalam bungkusan plastik kecil dengan sushi yang dibeli di toko sebagian besar adalah lobak pedas, pewarna buatan, dan sedikit wasabi.

Di Okutama kita bisa menemukan segala macam oleh-oleh yang bisa dimakan dari wasabi, begitu juga dengan akar wasabi itu sendiri. Toko-toko ini juga menjual berbagai macam barang yang terbuat dari tumbuhan liar yang tumbuh di hutan sekitarnya.

Hampir disana

Kota Okutama adalah ujung barat dari Jalur Ome yang menghubungkan Tachikawa dan Okutama. Sejumlah kecil kereta Chuo Line bergeser ke Jalur Ome di Tachikawa. Namun, secara umum, pergantian kereta diperlukan di Tachikawa dan mungkin di Ome lagi untuk sampai ke Okutama.

Namun, pada akhir pekan, ada tiga kereta langsung di pagi hari yang beroperasi dari Tokyo ke Okutama melalui Shinjuku dan Tachikawa. Sore hari ada tiga kereta yang beroperasi dari Okutama ke Stasiun Tokyo.

Set kereta yang digunakan mirip dengan set kereta yang digunakan di Jalur Chuo, dengan beberapa perbedaan. Ada toilet dan, di halte tertentu, penumpang perlu membuka pintu dengan menekan tombol besar di kedua sisi pintu. Hal ini untuk menghindari udara dingin masuk ke stasiun di mana beberapa penumpang naik atau meninggalkan kereta.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bahwa akhir pekan melalui kereta api terbagi di tengah perjalanan. Empat mobil menuju Itsukaichi, dan enam sisanya melanjutkan ke Okutama.

Tarif dari Shinjuku (¥ 1.100 JPY) atau Tokyo (¥ 1.169 JPY) sedemikian rupa sehingga menguntungkan untuk membeli Odekake Pass (¥ 2.720 JPY) yang dapat digunakan di seluruh jaringan JR East Tokyo selama satu hari. Tiket ini dijual dari mesin yang sama yang menjual Shinkansen dan tiket jarak jauh lainnya.

Jika stasiun Anda tidak memiliki salah satu mesin tiket ini, Anda dapat naik dengan tiket biasa atau Suica dan berganti di tengah perjalanan Anda. Dalam kasus saya, saya naik di Komagome dan pindah agama di Shinjuku.

Berkeliling

Bus Nishi Tokyo melayani area Okutama. Seperti yang umumnya terjadi di Jepang, tarif bus di daerah dengan kepadatan rendah biasanya lebih tinggi daripada di daerah inti di kota-kota besar. Frekuensi layanan juga cukup rendah, biasanya paling banyak dua atau tiga jam.

Tarif bervariasi menurut jarak. Anda naik bus di bagian belakang dan mengetuk kartu Anda pada sensor atau mengambil selembar kertas kecil dengan nomor yang menunjukkan di mana Anda naik. Anda keluar dari depan bus. Jika Anda menggunakan kartu (Suica) saat naik, Anda mengetuk kartu Anda lagi untuk membayar ongkos. Jika Anda mengambil slip bernomor, Anda mencocokkan nomor tersebut dengan tampilan digital di atas jendela kiri depan dan membayar tarif yang ditunjukkan.

Kesimpulan

Berbagai situs berbahasa Jepang yang didedikasikan untuk warna musim gugur menunjukkan bahwa mulai tanggal 18 November, kita baru saja memasuki periode puncak untuk kawasan pegunungan di wilayah Kanto. Harus ada satu minggu, dan mungkin dua minggu lagi, untuk melihat puncak atau mendekati puncak.

Dengan memperhatikan tindakan pencegahan COVID-19 (memakai masker, membawa pembersih tangan), sekarang adalah waktu yang tepat untuk menjelajahi sisi barat pegunungan Tokyo.